Budi daya Ikan Lele Dumbo dan Burung Puyuh

175

Lampung Timur,SL-Pembudidayaan ikan skala kecil di Lampung enggan digeluti karena mahal nya pakan ikan yang menyebabkan kecenderungan merugi bahkan sebelum memasuki pasar. Hal tersebut mendorong para pembudidaya untuk membuat inovasi dalam mengatasi masalah tersebut. Contohnya dengan penggunaan pakan alternatif. Di SMPN 1 RAMAN UTARA telah dilakukan pembinaan kepada murid mengenai pakan alternatif yaitu maggot dan azolla yang diketuai oleh Kepala sekolah SMPN 1 Raman Utara (Rohman Janah M.SI)

Pembinaan tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan limbah organik maupun dari kotoran burung puyuh sebagai media untuk menghasilkan maggot, penggunaan maggot dan azolla sebagai pakan alternatif dalam budidaya ikan lele dumbo, dan memberikan wawasan kepada para murid terkait budidaya ikan menggunakan pakan alternatif.

Maggot atau Black Soldier Fly (BSF) atau dengan nama latin Hermetia illucens Linnaeus yang termasuk kerabat lalat (Diptera) dengan tubuh dewasa menyerupai tawon tabuhan, berwarna hitam dengan panjang 15-20mm. Yang akan kita manfaatkan dari maggot tersebut adalah larvanya. Memiliki ukuran pada awal menetas 3mm yang bisa mencapai 27 mm,lebar 6 mm dengan berat 220 mg pada tahap akhir pupa. Larva tersebut berwarna putih keabuan, sedangkan tahap akhir berwarna kecoklatan.

Selanjutnya Azolla yang merupakan tanaman paku air yang hidup di perairan. Tanaman yang mengandung protein mencapai 23-30% dan juga mengandung asam amino esensial yang lengkap dapat kita jumpai di lahan yang tergenang air seperti pesawahan.

Kemudian Lele dumbo adalah jenis ikan hibrida hasil persilangan antara C. batracus dan C fuscus yang merupakan ikan introduksi pertama kali yang masuk Indonesia pada tahun 1985. Pakan alami yaitu cacing,kutu air, dan bangkai binatang.

Program budidaya ikan lele dumbo telah diterapkan pada SMPN 1 RAMAN UTARA yang dilakukan oleh para guru dan murid melalui tiga tahap yaitu, persiapan, pelaksanaan budidaya serta monitoring dan evaluasi.

BACA JUGA:  Kepala Desa Nampi Rejo, Riyanto: Pembangunan GSG Membudayakan Musyawarah Mufakat

Pada 10 Maret 2020, SMPN 1 RAMAN UTARA berhasil memanen ikan seberat 1kg/8 ekor lele dumbo.
Budidaya ini dilakukan SMPN 1 RAMAN UTARA dalam rangkaian program Petani Masuk Sekolah (PMS).,Ujarnya
(Jailani )

Facebook Comments