Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto : Serahkan 30 unit Alat Mesin Pertanian

336

Lampung Tengah, SL-Sebanyak 30 Unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa Power Theresser, diserahkan Bupati Loekman Djoyosoemarto kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

Penyerahan Alsintan berlangsung di Aula Balai Benih Induk (BBI) Pertanian Kelurahan Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo, dan di hadiri oleh beberapa Kepala OPD dan Gapoktan se-Lamteng,  (28/7/2020).

Loekman berharap, dengan adanya bantuan Alsintan yang di anggarkan melalui APBD tersebut, seluruh Gapoktan di Lamteng dapat mengoptimalkan produksi pertaniannya.

“Masyarakat sangat membutuhkan alat pertanian. Ini bisa kita lihat saat petani panen selalu mengalami kerugian berkisar 10 sampai 15 persen. Jadi untuk mengoptimalkan hasil panen mereka kita berikan bantuan Alsintan ini,” terang Loekman.

Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini mengatakan, bantuan Alsintan diberikan kepada 30 Gapoktan yang beruntung dan bernasib baik.

“Tahap awal kita berikan bantuan Alsintan kepada 30 Gapoktan. Kita belum bisa penuhi semua permintaan mereka. Jadi yang mendapat bantuan hari ini bernasib baik. Tapi bantuan akan kita berikan secara bertahap,” katanya.

Kedepan, Loekman berharap Gapoktan yang ada dapat beralih tanaman singkong menjadi tanaman nanas. Mengingat saat ini harga singkong sangat tidak sesuai pasaran dan semakin menurun drastis.

“Saya harap petani singkong bisa beralih ketanaman nanas. Kita juga sudah bekerjasama dengan PT. GGP untuk meningkatkan hasil pertanian nanas,” ungkapnya.

Ditambahkan Bupati Lamteng, untuk meningkatkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) dalam bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng juga telah mendirikan Universitas Politeknik Negeri.

“Kami sudah mendirikan Universitas Politeknik Negeri di Lamteng, agar masyarakat yang akan meneruskan pendidikannya tidak jauh-jauh. Semoga langkah ini bisa memudahkan generasi penerus bangsa menjadi anak yang cerdas dan berprestasi,” pungkasnya(rls/*)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Ketua Forum, (KWT) Lampung Tengah Menyerahkan Bantuan