Baguna Kota Metro : Sterilisali Lingkungan Puskesmas Yosodadi

2292

METRO -SL- Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Metro kembali mensterilisasi lingkungan masyarakat sekitar Puskesmas Yosodadi, Kec. Metro Timur pada Minggu, 10 Mei 2020.

Kepala Baguna PDI-P Kota Metro Aji Anggoro mengatakan, hal tersebut dilakukan berdasarkan permintaan masyarakat sekitar setelah ditutupnya fasilitas kesehatan Puskesmas setempat akibat seorang tenaga kesehatannya diduga terinfeksi Covid-19.

“Kegiatan kita kali ini adalah penyemprotan cairan desinfektan ke seluruh rumah, fasilitas umum, masjid dan musholla di lingkungan sekitar Puskesmas. Upaya sterilisasi ini merupakan permintaan masyarakat setelah sebelumnya pemerintah kota Metro menyampaikan bahwa terdapat seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Yosodadi yang diduga terinfeksi Covid-19,” ujar Aji, Senin (11/5/2020).

Aji menjabarkan bahwa pihaknya menyiapkan 100 liter cairan desinfektan dan 11 orang tenaga penyemprotan untuk melakukan sterilisasi ke seluruh lingkungan.

“Kita siapkan 100 liter cairan desinfektan, untuk tenaga penyemprotannya ada 11 orang anggota Baguna dan dibantu masyarakat sekitar,” beber nya.

Ketua RW 12 Kel. Yosodadi Kec. Metro Timur, Santi Maladewi mengharapkan, penyemprotan cairan desinfektan diwilayahnya dapat sedikit menghilangkan rasa cemas warga pasca pemerintah Kota Metro menyampaikan pernyataan melalui media massa terkait adanya seorang tenaga kesehatan Puskesmas Yosodadi yang diduga terinfeksi Corona.

Penyemprotan ini berdasarkan permintaan masyarakat yang hari ini cemas karena adanya tenaga kesehatan Puskesmas yang diduga terjangkit Covid-19. Dan sebelumnya pemerintah telah melakukan penyemprotan juga tapi hanya di sekitar Puskesmas, tidak menyeluruh ke lingkungan disekitarnya. Maka kami meminta bantuan Baguna Metro untuk melakukan upaya sterilisasi ini,” kata Santi.

Sementara itu, Ketua DPC PDI-P Kota Metro Anna Morinda berharap, meski telah dilakukan upaya sterilisasi, masyarakat diminta untuk tetap menjaga SOP kesehatan saat beraktivitas.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto : Program TMMD sebuah Program Terpadu Antara TNI dan Pemerintah Daerah

“Sterilisasi dengan penyemprotan cairan desinfektan itu bukan satu-satunya cara memutus rantai penularan Covid-19, tapi ini merupakan upaya kita untuk menjaga lingkungan. Yang lebih penting adalah menjaga pola hidup bersih dan sehat di masyarakat, gunakan masyarakat saat beraktivitas diluar rumah, hindari keramaian, dan tetap dirumah saja,” kata Anna.

Diketahui, selain penyemprotan ratusan liter cairan desinfektan, Baguna PDI-Perjuangan Kota Metro juga membagikan ratusan masker ke masyarakat sekitar. Selain itu, pihaknya juga berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan kondisi bangsa kembali seperti sediakala. (Rls/*)

Facebook Comments