Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provensi Lampung, Drs. Sulpakar, MM. : Seharusnya Sekolah Mengikuti Petunjuk Teknis Dari Pemerintah Pusat, Melakukan Tata Kelola Dana BOS Secara Transparan.

411

METRO ,SL-  Belum semua sekolah di provinsi Lampung menjanlakan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim tentang mewajibkan kepala sekolah (Kepsek) memajang penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di lingkungan sekolah agar bisa dilihat orangtua dan masyarakat.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan, dan Kebudayaan Povinsi Lampung , Drs. Sulpakar, M.M, saat dikonfirmasi awak media,usai membuka Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMA/MA tingkat Kota Metro Tahun 2020, di halaman SMAN 3 Metro, (10/03/2020).

Menurut Sulpakar, sudah seharusnya sekolah mengikuti petunjuk teknisnya dari pemerintah pusat, dan harus melakukan tata kelola dana BOS secara transparan, apapun itu bantuanya.

“Pengelolaan keuangan sekolah harus dikelola secara trasparan. Jadi tidak perlu surat, karna juknisnya sudah seperti itu. Ya harus dipasang papan informasi, sebenarnya untuk kita-kita yang memahami ilmu pengetahuan teknologi, maka cukup mengakses dengan aplikasinya sudah bisa,”ungkapnya.

Belum semua sekolah berani memasang penggunaan dana Bos dan bantuan dari pemerintah di mading sekolah. Alasan mereka kalasik mulai dari takut disalah gunakan orang tidak bertangjawab.

Ketua MKKS SMA/MA Kota Metro, Suparni membenarkan hal tersebut. Ia mengaku sebagaian kepsek sering dibuat resah banyak yang menayakan penggunaan alokasi dana Bos dan bantuan yang diterima sekolah.

“Ya sebenarnya kita sudah trasparan, sudah kita jelasnya bila ada yang bertanya mengenai hal tersebut. Ya memang tidak di pajang di sekolah, untuk pengunaan dana Bos sudah bisa akses di website. Kita takut disalah gunakan orang yang tidak bertanggung jawab,”jelasnya.(*)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Plt, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Selvia Maharani : mewakili Wali Kota Metro,buka Acara secara resmi ,Selamat untuk HUT PPNI Ke 45.