Basarnas Lampung Bantu Proses Evakuasi Korban Terjepit Laka Lantas Truck Fuso

217

Bakauheni – Basarnas Lampung bersama tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban terjepit akibat laka lantas Truck Fuso menabrak parkiran motor pada Sabtu (07/03) malam.

Humas Basarnas Lampung Deny Kurniawan mengatakan, Basarnas Lampung menerima laporan dari Bp. Acong (Warga Muara Piluk Bakauheni) bahwa telah terjadi laka lantas di Pintu Pelabuhan Bakauheni dan terdapat korban terjepit yang membutuhkan penanganan khusus untuk dievakuasi.

Menanggapi laporan tersebut Basarnas Lampung mengarahkan personil Pos SAR Bakauheni untuk melakukan evakuasi. Pos SAR Bakauheni dengan personil 10 orang bergerak menuju lokasi kejadian dengan membawa peralatan ekstrikasi. Selain itu tim juga dibantu dengan crane dalam proses evakuasi.

“Kejadian berawal saat Truck mengalami rem blong pada turunan menuju pintu masuk Pelabuhan Bakauheni pada pukul sekitar 19.30 WIB. Truck menabrak motor yang sedang diparkir di samping seaport pelabuhan. Pada pukul 20.35 WIB personil Pos SAR Bakauheni tiba di lokasi dan melakukan koordinasi dengan tim SAR gabungan yg sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi. Selanjutnya tim SAR gabungan melaksanakan briefing dan memulai proses evakuasi. Pada pukul 23.50 WIB korban terjepit telah berhasil semua dievakuasi,” katanya.

Data korban tersebut :
1. Rustam (Lakis/60 Th) (S)
Alamat : Desa Kenyayan, Bakauheni Lampung Selatan
2. Mayce Erni (Perempuan/37 Th) (Meninggal Dunia)
Alamat : Desa Kenyayan, Bakauheni Lampung Selatan
3. Eby Susanto (Lakis/40 Th) (Korban berhasil dievakuasi oleh tim SAR dalam kondisi selamat dan korban Meninggal Dunia dalam perjalanan menuju RS)
Alamat : Bekri, Lampung Tengah
4. Identitas Korban belum diketahui dan masih dalam proses Identifikasi oleh pihak berwenang.

“Tim SAR gabungan melakukan pemeriksaan kembali di sekitar lokasi kejadian jika masih ada korban yang terjepit. Minggu (08/03) Pukul 01.50 WIB Truck dipindahkan dan area sudah clear bahwa tidak ada lagi korban yang perlu dievakuasi,” katanya.

BACA JUGA:  Polda Ajak Awak Media Promosikan Tempat Wisata

“Dapat disimpulkan bahwa korban akibat laka lantas tsb berjumlah 4 orang yaitu 1 orang selamat dan 3 orang Meninggal dunia. Tim SAR gabungan yg terlibat dalam proses evakuasi ini adalah Pos SAR Bakauheni, KSKP Pelabuhan Bakauheni, Satlantas Polres Lamsel, ASDP Pelabuhan Bakauheni, Unsur TNI, tim rescue Jalan Tol Trans Sumatra dan warga setempat,” tandas Deny Kurniawan. (hms/feb)

Facebook Comments