SMA N 2 Kota Metro : Terapkan Ekskul Lampung Mengaji

229

 

Metro, SL-Untuk mewujudkan generasi muda yang dapat membaca dan memahami ayat suci Al-Qur’an, SMAN 2 Metro membuat ‘Gerakan Pagi Mengaji’ dan terapkan ekstrakulikuler sesuai bakat siswa.(4/3/2020)

Kepala SMAN 2 Metro Hj. Enie Junaetty, M.Pd mengatakan, dengan adanya program Lampung mengaji dapat membebaskan masyarakat Lampung dari buta aksara Alquran. Membimbing peserta didik, agar mampu mengaji Alquran dengan lancar sesuai makhroj dan tajwidnya.

Hal tersebut sesuai dengan pasal 3 Undang-Undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 dan merupakan program Gubernur, yakni Lampung Berjaya bidang keagamaan dan pengembangan budaya lokal yang di wajibkan di seluruh sekolah di provinsi Lampung,” kata Enie Junaetty di ruang kerjanya kemarin.

Lebih lanjut Enie Junaetty menambahkan, adapun strategi Lampung mengaji diantaranya yakni, mengaji 15 menit sebelum mengawali pembelajaran, bimbingan baca al-qur’an 15 menit setiap mengawali pelajaran agama. Bertujuan untuk, agar siswa-siswi SMA Negeri 2 Metro bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
hulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Tujuan dan sasaran Program Lampung Mengaji, yakni mengembalikan budaya gemar mengaji di masyarakat Lampung melalui kegiatan pembelajaran di sekolah, di rumah, dan di masyarakat,” ujarnya.

Terpenting program tersebut dapat menumbuhkan gerakan membaca Alquran, baik secara individu maupun bersama-sama, membentuk keperibadian berdasarkan Alquran dan mencegah kerusakan akhlak dan moral siswa dan
pendidik.

Saya berharap kegiatan ini dapat memacu semangat juang saya pribadi, untuk dapat menjadi lebih baik lagi, dan tentunya juga dalam memimpin SMAN 2 Metro. “Semoga banyak dengan prestasi di kemudian hari, dan dapat mengawal kualitas pendidikan pada anak didik serta seluruh guru di SMAN 2 Metro. Sehingga dapat terus meningkatkan mutu pendidikan, bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain, baik itu di Kota Metro, Provinsi Lampung atau bahkan tingkat Nasional,” harapnya.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Kota Metro, Resmi Di Lantik Masa Bakti 2019-2024

Enie Junaetty menambahkan, selain program mengaji SMAN 2 Metro aktif adakan kegiatan, seperti Ekskul Pramuka, Palang Merah Remaja, Seni Tari, Drama, Seni Musik dan Ekskul olahraga. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas.

Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dari pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan. Hal tersebut sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan,” jelasnya.

Lanjut Enie Junaetty mengatakan, kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri,” tutup Enie Junaetty. (**)

Facebook Comments