Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Berupaya Mengoptimalkan Bank Sampah.

642

Metro, SL-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro, Lampung berupaya mengoptimalkan bank sampah, yakni suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah

Itu dilakukan untuk mengurangi open dumping atau membuang sampah pada suatu legokan atau cekungan tanpa mengunakan tanah sebagai penutup sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Karangrejo Metro Utara.

Sampah merupakan salah satu permasalahan kompleks di semua daerah, termasuk Kota Metro.

Salah satu upaya mengurangi open dumping sampah pada TPA Karangrejo, pihaknya berupaya mengoptimalkan bank sampah di kelurahan yang ada.

“Untuk mewujudkannya, Kementerian LH telah memberikan bantuan bentor sampah, sebagai sarana mobilitas petugas bank sampah. Tahun ini, kami berupaya agar mendapatkan bantuan serupa,” kata Eka Irianta, Jumat (14/2/2020).

Menurutnya, dengan sistem bank sampah, petugas akan menyortir sampah yang ada, sebelum diteruskan ke TPA Karangrejo. Dalam artian, sampah yang dapat didaur ulang dipisahkan terlebih dahulu.

“Jika seluruh kelurahan di Kota Metro memiliki bank sampah, maka penumpukkan sampah di TPA dapat dikurangi,” Jelas Eka Irianta.

Selain memberdayakan masyarakat, lanjut dia, sistem bank sampah juga dapat membantu keterbatasan armada sampah.

Sebab, untuk menambah armada sampah, keuangan daerah tidak memungkinkan.

Apalagi Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat saat ini diprioritaskan bagi daerah pantai dan pesisir.

“Sedangkan di Kota Metro tidak memiliki pantai atau pesisir,” ungkap Eka Irianta.(rls/*)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Ketua MKKS ,Suparni, Spd. Mpd. :PPDB SMA Negeri Se Kota Metro 15-18 juni