Pemkot Metro : Memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-55

108

Metro, SL-Pemerintah Kota Metro memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55, yang ditandai dengan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) dan Hari Diabetes Sedunia tahun 2019, yang berlangsung di Lapangan Samber Kota Metro, Jumat (15/11/19).

Acara ini di hadiri Direktur Kesehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan RI, Kepala Bappenas, Country Director of SNV Indonesia, Direktur Eksekutif AKOPSI, Wakil Walikota, perwakilan Gubernur Provinsi Lampung, para Staf Ahli dan Asisten, Kepala OPD, Ketua PKK Kota Metro, Kepala Rumah Sakit dan Kepala Puskesmas se-Kota Metro.

 

Dalam sambutan Walikota Metro Achmad Pairin, mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Kementrian Kesahatan Nasional. Hari kesehatan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Kota Metro untuk memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.

“Adapun tema HKN yang ke 55 ini yaitu Generasi Sehat Indonesia Unggul. Untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat, maka Kementerian Kesehatan RI melaksanakan program kesehatan lingkungan salah satu dari program kesehatan lingkungan adalah 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat,” ujar Pairin.

Lanjutnya, Pairin memaparkan bahwa 5 pilar ini yaitu, stop buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, pengolahan limbah cair rumah tangga.

“Sehingga harapannya, tahun 2012 kita bisa menjadi kota STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dan mencapai tujuan nasional Sanitasi Aman Tahun 2020. Masyarakat harus ikut turut ambil bagian dalam peringatan hkn untuk mendukung pembangunan kesehatan serta mempertahankan hasil positif yang sudah dicapai,” tutup Pairin.

Sementara Mentri Kesehatan RI Imran Agus Nuralin, menyampaikan bahwa dari Deklarasi Open Defecation Free (ODF) mampu meningkatkan rasa nyaman tinggal di sebuah Kabupaten/Kota. Hal ini juga turut menyumbang menurunnya penyakit TBC dan stunting.

BACA JUGA:  Dinas Sosial Kota Metro : Salurkan BST ke Masyarakat Dampak Covid 19

“Untuk mewujudkan semua ini harus melibatkan semua pihak, yang termasuk dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diantaranya ada kegiatan ODF. Kemudian dalam deklarasi ini bukan hanya mengajak masyarkat, melaikan juga sebagai  target diri kita sendiri,” ungkapnya.

Diakhir penyampaiannya,  Imran Agus Nuralin juga mengapresiasi Kota metro yang teleh memberikan kebijakan mengenai sanitasi, dan meningkatkan SDM generasi unggul. ” Untuk itu Salam STBM, Lebih Bersih, Lebih Sehat, 5 pilar yes yes yes,” tutupnya.(*)

Facebook Comments