Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro, Hery Wiratno: Fokus Penanaman Padi Sawah

793
Kepala Dinas KP3 Kota Metro, Hery Wiratno.

METRO – Pertanian Kota Metro untuk musim tanam tahun 2019 ini, lahan pertanian memasuki masa tutup tanam dan menunggu pemeliharaan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (KP3) Kota Metro, Hery wiratno, mengatakan, Untuk lahan luas 2984 hektar sudah hampir tutup tanam untuk musim ini, dan dari kegiatan teman-teman di lapangan baik itu penyuluh petani kontak tani yang sudah berjalan sesuai dengan perencanaan yang diberikan hanya memang satu lagi menunggu pemeliharaan.

“khusus untuk air, sudah tanam ada pola pergiliran untuk kanal satu dan kanal dua, jadi tidak bisa ful, karena debet airnya dari Batu Tegi juga harus di kosenterasikan untuk pengendalian turbin listrik, supaya lancar,” katanya.

Lanjutnya, Sedangkan untuk kesiapan dari sarana produksi lewat RDKK Billing System dan lain-lain sudah berjalan.

Fokus penanaman untuk sekarang padi sawah ada berapa spot palawija. “Ada beberapa tempat di Banjar Sari yang tidak tanam padi, tetapi tanam jagung,’ tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam sambutan Sosialisasi Penyusunan RDK dan RDKK Tahun 2020 Tingkat Kota Metro dan Evaluasi Penebusan Pupuk Bersubsidi dengan Pola Billing System, yang berlangsung di Aula Dinas KP3, Selasa (10/09/19).

Kepala Dinas KP3 Kota Metro, Hery wiratno, menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para penyuluh yang pada awal musim tanam ini telah melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para petani terkait persiapan musim tanam, sehingga dengan air irigasi yang masuk ke areal persawahan kita per 1 September, para petani sebagian besar telah melakukan persemaian dan pengolahan tanah.” Kantanya.

Kadis KP3 memberikan arahan agar pendataan para petani yang telah dilakukan penyuluh melalui RDKK online sebagai basis data untuk implementasi Kartu Petani Berjaya sebagai program Pemerintah Provinsi Lampung terus diperbaharui sehingga dapat dengan tepat menjangkau sasaran penerima subsidi melalui kartu tersebut.

BACA JUGA:  Pemkot Metro Gelar Rapat Koordinasi Awal Tahun 2019

“Oleh karena itu, inovasi perlu dilakukan oleh para penyuluh, tidak biasa-biasa dan rutinitas semata agar apa yang telah berhasil dilaksanakan dapat terus ditingkatkan dengan lebih baik lagi. Melalui inovasi yang sederhana yaitu dengan melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan dengan cara dan pendekatan yang baru agar kegiatan penyuluhan dapat berjalan dengan lebih berhasil guna.” katanya. (*)

Facebook Comments