Kajari Kota Metro : Melakukan Pemusnahan Barang Bukti (BB) Dari Perkara Pidana yang Telah Mempunyai Kekuatan Hukum Tetap

162

Metro, SL-Kejaksaan Negeri (Kejari) Metro melakukan pemusnahan barang bukti (BB) dari perkara pidana  yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkraah). Sebagian besar merupakan BB perkara narkotika.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Metro, Ivan Jaka MW, melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Alingga Putra Suyitno menyebutkan, emusnahan barang bukti atas perkara pidana yang telah inkraah itu, meliputi perkara periode  Agustus – Desember 2018 sebanyak 56 perkara,  yang terdiri dari 38 perkara narkotika dan 18 perkara pidana umum. “Sedangkan, untuk barang bukti yang dimusnahkan sepanjang Januari- Juli  2019 sebanyak 72 perkara, yang  terdiri dari 60 perkara narkotika, dan 12 perkara pidana umum,” kata Alingga, Rabu (9/10).
Dikatakannya,  pemusnahan ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. “Karenanya, barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara dihancurkan, agar  barang-barang haram tersebut tidak merusak generasi muda di Kota Metro,” ujar dia.
Ia juga menyebutkan, pemusnahan barang bukti dilaksanakan hingga periode bulan Juli 2019. Karena, untuk bulan Agustus hingga September, proses persidangannya belum selesai.
“Nanti pemusnahkan lagi ada tahap II,  Agustus-Desember 2019. Saya berharap dari pemusnahan ini masyarakat Kota Metro dapat memahami bahaya narkotika. Kita sama-sama menjadikan Kota Metro menjadi wilayah bebas narkotika dan obat-obatan terlarang,” ungkapnya. (rls/*)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Disporapar kota Metro :Seleksi Paski Braka Thn 2020