PDKI Keuskupan Tanjung Karang & Kodim 0410 Sukses Gelar Sunat Masal

133

BANDARLAMPUNG — Khitanan Massal yang diadakan PDKI Keusukupan Tanjungkarang bersama Kodim 0410 Kota Bandarlampung, sukses digelar.

Kegiatan khitanan massal lintas agama yang diikuti sebanyak 106 tersebut, dilaksanakan di aula gedung Sekolah Luar Biasa (SLB), Kemiling Bandarlampung, Minggu (16/6/2019).

Ketua Umum Pamong Keuskupan Tanjungkarang, Yohana Pujilatin mengatakan, kegiatan ini ditujukan bagi semua kalangan dan lintas agama.

Anak-anak yang ikut khitanan massal berasal dari berbagai latar belakang agama, dengan rincian 65 peserta beragama islam, 33 anak beragama katolik, 8 anak beragama kristen.

Latar belakang diadakannya kegiatan ini, karena khitan mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan, seperti menjaga kebersihan dan infeksi serta mencegah kanker.

Untuk proses khitan pihanya bekerjsama dengan Sunatron Khitan Klamp Lampung yang menggunakan metode khitan zaman now yang telah diakui oleh WHO.

Kegiatan baksos ini juga didukung oleh berbagai organisasi lintas agama diantaranya, Muslimat NU Lampung, Forum Kerja Lintas Agama (FKLA), Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), dan PSMTI.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0410 Kota Bandar Lampung, Letkol Arm Wahyu Jatmiko mengatakan, sangat berterimakasih telah dilibatkan dalam bhakti sosial yang digagas oleh PDKI Keusukupan Tanjungkarang.

Kegiatan ini sangat positif dan menjadi salah satu bentuk kerukunan hidup umat beragama di Lampung untuk saling tolong menolong antar sesama umat manusia.

Kegiatan ini mencerminkan keharmonisan umat beragama di Bandarlampung, saling berbagi ke sesama. Bagi yang mampu membantu yang kurang mampu.

“Kalau kita bicara agama mungkin bolehlah kita punya masing-masing aturan, tapi kalau tidak bicara sosial ternyata kita punya banyak kesamaan dan itu yang harus kita gali, kita tetap aman tentram berdampingan, berbeda agama juga berbeda suku pekerjaan kemampuan kelebihan dan ada juga sebagian dari kita nih kekurangan, mari kita sama-sama menjaga itu untuk kemajuan Kota Bandar Lampung” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Siap Back Up Pemkab Tulang Bawang Tangani Korban Bencana Puting Beliung di Banjar Agung dan Banjar Margo

“Kita sering mengajak semua ormas dan organisasi untuk saling berbagi, kalo memang ada kelebihan harta atau sesuatu kemampuan, kita ajak mereka untuk bersosial, salah satunya kegiatan ini kurang lebih 100 orang mengikuti khitanan massal dari Kodim dan keuskupan katherdal di Bandar Lampung,” kata Letkol Arm Wahyu Jatmiko.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Forum Kerukunan Lintas Agama (FKLA) Provinsi Lampung, Mohammad Bahruddin mengatakan, mengapresiasi kegiatan khitanan massal lintas agama.

Menurutnya, bhakti sosial ini merupakan murni untuk kemanusiaan tidak ada misi-misi tertentu, karena berbagai tokoh lintas agama hadir dan dilibatkan dalam bhakti sosial tersebut.

“Saya berharap kegiatan ini memberikan kebermanfaatan ditengah kemajemukan masyarakat Bandar Lampung,” harapnya.

Perlu diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut, istri walikota Bandarlampung, Hj. Eva Dwiana Herman HN.

Pada kesempatan itu juga ia memberikan hiburan menarik untuk para orang tua peserta dan tamu undangan, dengan bernyanyi dan secara spontan mengadakan kuis berhadiah, yang pertanyaannya tentang seputar Kota Bandarlampung.

Facebook Comments