Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan : Temen Temen Media Untuk Mampu Memberikan Suasana Sejuk dan Damai Dalam Pemilu 2019

161

Bandar lampung, SL- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak teman-teman media untuk mampu memberikan suasana sejuk dan damai dalam Pemilu 2019.
“Pemilu bukanlah suatu ajang untuk berperang maupun ajang memprovokasi. Urusan kita dalam Pemilu adalah memilih saudara-saudara kita untuk 5 tahun kedepannya.

Untuk itu, teman-teman media harus turut andil dalam mensukseskan Pemilu 2019 dengan memberikan suasan sejuk dan damai,” ujar Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat membuka acara Press Gathering Pimpinan MPR RI dengan Koordinator Wartawan MPR/DPR/DPD RI Bertemakan Etika Politik Dalam Pemilu 2019, yang dilaksanakan di Swiss-Bell Hotel, Bandarlampung, Jum’at (22/3/2019).

Dalam acara itu turut hadir Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo yang diwakili Kaban Kesbangpol Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung, Anggota MPR RI Muzamil Yusuf, Anggota MPR RI Alimin Abdullah, dan Kadis Kominfotik Provinsi Lampung Chrisna A. Putra.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, menjelaskan bahwa dalam demokrasi pancasila, Pemilu pasti diadakan dalam 5 tahun. “Pemilu ini adalah untuk memperbaharui komitmen kemitraan antara rakyat dengan wakilnya. Dan Pemilu bukanlah untuk berperang, tetapi untuk memilih saudara-saudara kita,” jelas Zulkifli.

Ia menerangkan bahwa Pemilu dinilai sukses apabila kita mampu menjahit merah putih. “Pemilu bisa dikatakan menang dan sukses apabila kita mampu menjahit dan merekatkan merah putih untuk mempersatukan perbedaan,” jelas Zulkifli.

Untuk itu, Zulkifli mengajak teman-teman media untuk mampu memberikan suasana sejuk dan damai dalam Pemilu 2019. “Mari kita bersama-sama luruskan dan redam berita-berita hoax, dan berita yang memprovokasi dalam Pelaksanaan Pemilu. Mari kita jaga, karena ini adalah rumah, negara, dan bangsa kita. Ayo kita sukseskan dan sejukkan Pemilu 2019,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo diwakili Kaban Kesbangpol Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung, menjelaskan bahwa pemantapan kesiapan Pilpres, dalam pelaksanaannya membutuhkan dukungan segenap unsur kelembagaan pemangku kepentingan (stakeholders), guna optimalisasi pelaksanaan tugas, fungsi, kewajiban dan kewenangan sebagaimana amanat peraturan perundang undangan,
“Tentunya sinergi ini harus ditingkatkan, sehingga pembangunan iklim penyelenggaraan pemilu tahun 2019 dapat berjalan secara sinergis, terkoordinasi dan optimal,” jelas Irwan S. Marpaung.

BACA JUGA:  MKKS Kota Metro Adakan Pelatihan UNBK

Lebih lanjut, Irwan menuturkan bahwa Media memegang peran penting dalam Pileg dan Pilpres 2019. “Media tidak hanya berfungsi dalam menjalankan fungsi edukasi bagi publik, tetapi juga menjadikan event demokrasi lima tahunan berlangsung dengan damai,” ujarnya.

Untuk itu, Irwan mengharapkan agar rekan-rekan media mampu bersikap netral dalam Pemilu 2019. “Sudah waktunya media mengembalikan perannya, terutama untuk menerapkan jumalisme kebenaran. Sehingga Pemilu 2019 dapat berjalan dengan damai,” harap Irwan.

Ketua Panitia, Titik menjelaskan kegiatan Press Gathering ini bertujuan agar pimpinan dan anggota MPR mampu menjalankan tugas dilingkungan parlemen dengan baik, dan mampu memberikan sumber informasi yang kredibel kepada para jurnalis. “kegiatan Press Gathering ini diikuti sekitar 90 media yang terdiri dari media elektronik, cetak, online, dan TV,” jelas Titik.

Lebih dari itu, Titik berharap menjelang Pemilu 2019, teman-teman media mampu memberitakan hal-hal yang menyejukkan kepada masyarakat, dan mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya.(rls/*)

Facebook Comments