HUT Barsanas ke-47 Diisi dengan Kegiatan dan Bakti Sosial

118

LAMPUNG SELATAN — Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), merayakan hari jadinya yang ke-47 dengan sederharna dan Bakti Sosial.

28 Pebruari adalah hari yang spesial bagi keluarga besar institusi pemerintah yang identik dengan baju orange tersebut.

Upacara dilaksanakan di pelataran Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Jumaril, S.E., M.M.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Bp. Jumaril, S.E., M.M. mengatakan, Basarnas saat ini telah menjelma menjadi institusi pemerintah yang berkompeten di bidang pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi pada kecelakaan, bencana maupun kondisi yang membahayakan manusia.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung sebagai perpanjangan tangan juga turut meramaikan peringatan HUT Basarnas yg ke 47 dengan menggelar beberapa acara yaitu upacara, donor darah dan bakti sosial. Peringatan tahun ini dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Duka akibat tsunami akhir tahun 2019 serta banjir yang melanda beberapa minggu lalu menjadi alasan bagi Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung untuk melaksanakan peringatan HUT Basarnas dengan penuh kesederhanaan.

“Pelaksanaan tahun ini cukup sederhana dikarenakan kondisi Provinsi Lampung yang baru saja terkena bencana tsunami di Selat Sunda akhir tahun kemarin serta bencana banjir pada beberapa Minggu kemarin yg disebabkan curah hujan yang tinggi”, ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Bp. Jumaril, S.E., M.M.

Sementara itu, Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, S.E., M.M, saat hadir di acara Peringatan HUT Basarnas mengajak seluruh komponen masyarakat untuk membangun budaya SAR dengan dilandasi semangat gotong royong.

Dengan budaya SAR, kita berharap jatuhnya korban saat terjadi musibah dapat kita minimalisir bersama-sama. Dengan semangat kebersamaan, kami berharap pelayanan SAR di tanah air dapat berjalan cepat dan prima.

BACA JUGA:  Gubernur Ridho Fasilitasi Warga Lampung yang Mengungsi di Kantor Gubernur Lampung

Pada kesempatan yang sama, Humas Basarnas Lampung, Deni Kurniawan mengatakan, Setelah Upacara Peringatan HUT Basarnas ke 47, acara dilanjutkan dengan donor darah dan bakti sosial.

Acara donor darah yang dilaksanakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung ini diikuti oleh keluarga besar Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung dan beberapa potensi SAR seperti AirNav Bandara Rd. Intan II Lampung, BMKG, SAR Medis Malahayati, KORAL (Komunitas Ramah Alam dan Lingkungan) Kota Metro dan beberapa karang Taruna yang ada di sekitar kantor.

Selanjutnya Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung bersama pejabat melakukan bakti sosial ke panti asuhan Ummi May yang berlokasi di Tanjung Karang.

Anak asuh yang diasuh sekitar 38 orang. Ibu Ketua DWP Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Ny. Rasmi Jumaril memberikan secara langsung kepada pengurus panti asuhan tersebut bantuan berupa peralatan sekolah untuk anak asuh, dan sembako.

Semoga di peringatan HUT Basarnas ke 47 ini Basarnas bisa semakin sukses, berguna bagi masyarakat dan memberikan pelayanan di bidang SAR secara cepat dan prima. Salam Avignam Jagat Samagram. (*)

Facebook Comments