Gubernur Ridho: Balawista Bisa Jadi Barisan Terdepan Merawat Eksistensi Objek Wisata

121

LAMPUNGSELATAN — Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, berharap kehadiran Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) di Provinsi Lampung bisa menjadi barisan terdepan dalam merawat dan memelihara eksistensi suatu obyek wisata.

Selain itu, kehadiran Balawista dapat berpartisipasi aktif dalam mencegah dan menyelamatkan korban akibat keceIakaan dan bencana di kawasan wisata.

“Kita patut bersyukur Kementerian Pariwisata terus berupaya memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi masyarakat yang akan berlibur ke objek wisata pantai dengan mengadakan pelatihan Balawista dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha masyarakat,” ujar Gubernur Lampung diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Theresia Sormin saat penutupan pelatihan Balawista dan mengukuhkan Balawista Provinsi Lampung, di Home Stay Frida, Lampung Selatan, Selasa (26/2/2019).

Theresia mengatakan kepengurusan Balawista di Lampung, dapat mengoordinasikan masyarakat Balawista antar kabupaten/kota untuk senantiasa berkonsultasi dan bersinergi dalam upaya penyelamatan terhadap peristiwa kecelakaan atau bencana.

Tidak hanya obyek wisata air, namun obyek wisata yang membutuhkan upaya pencegahan dan penyelamatan dari kemungkinan kecelakaan atau bencana.

“Pelatihan ini merupakan momentum yang sangat tepat dalam upaya memberikan wawasan dan keterampilan tentang pentingnya penanggulangan bencana dan keselamatan di kawasan wisata termasuk di dalamnya wisata air, sehingga dapat meminimalisir korban baik jiwa dan materil,” kata Theresia. (*)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Gubernur Lampung bersama Kadin Adakan Kerjasama dengan Malaysia